Membaca Al-qur'an dari sudut pandang yg mudah, menarik, dan menginspirasi.

Assalamu Alaikum wr wb

Salam penuh hormat dan salam jabat erat silaturrahim selalu semua sahabat yg tak bisa sy sebut satu-satu.

Siang dan Malam, Kita selalu Ramai memperbincangkan Allah swt.

Satu pertanyaan kami yg faqir ini, Apa alasan atau maksud Sahabat2.q selalu Mencari dan menyebut Nama Allah swt???

Ada juga ungkapan yg Kadang membuat kami yg Faqir ini bertanya2, "Rugilah mereka yg hanya mengenal Asma/Nama Allah swt". Ada juga komentar yg nyeleneh, "Jangan sampai Kamu hanya menyembah Nama Allah swt saja" dan masih ada ungkapan2 lain, yg kadang hanya menciptakan kebingungan bagi kami yg Hanya Berpedoman terhadap Apa Yang Tersurat nampak bisa dipahami dari Kata2 kiasan Al'quranul karim dan Yg sempat terbaca dari As-sunnah Rasulullah saw.

Apakah Ada kewajiban Tersendiri bagi Kalangan Ahli Tashawwuf dulu dan sekarang u/mencari Melebihi Apa yg tdk Bersembunyi di balik kata/Nama-Nama Allah swt yg baik ((Asamaul Husna))dan Maha sifat2Nya???

Tentunya dalam hal ini, kita Wajib merujukkan Segala Wicara/tulisan pada Informasi Alquran dan Al-hadits dan pandangan yg sdh menjadi kesepakatan ((Konsensus)) para pakar Ulama yg kharismatik, kredibel, dan terpercaya.

Salah satu tokoh Ulama yg menjadikan rujukan hampir semua kalangan Ulama dari lintas Jurusan disiplin ilmu2 agama Islam adalah "Hujjatul islam" Imam Al-Ghazali.

Imam Al-Ghazali, mengungkapkan Di dalam kitab pengantar Tafsir Al-qur'an
 ((جواهر القرآن ودرره= Mutiara Alquran dan permata2nya))
Satu metode memahami Wahyu Allah swt, yg menjadi media perkenalan Nabi saw dan UmatNya untuk lebih dekat dan lebih mengenali Siapa Haqiqat di balik Nama الله.

Beliau membagi/mengklasifikasi Ayat2 Alquran dalam dua Bagian:
1))Ayat2 yg merupakan Esensi/substansi Yg memperkenalkan Siapa di balik Nama Allah swt, dan Hal2 yg Hanya Allah swt yg Maha Mengetahuinya, Ini kata Imam Al-Ghazali disebut Mutiara2 Alquran.

Kita yg awam biasa menyebutnya ayat2 yg menerangkan Hablun-minallah...Shilaturrahmi manusia dan Tuhannya.

2))Ayat Alquran ada yg merupakan "Durarun" atau permata2 Ilmu Hidayah Allah swt, tentang hubungan Manusia ke sesamanya, manusia ke dirinya dan Manusia ke Alam semesta... Kita biasa sebut Hablun Minan-nas ((Muamalah))

Nah, Coba Ketika mengaji, mengkaji Alquran kita pakai Metode Imam Al-Ghazali, cari ayat yg beliau Kelaskan menjadi "Jawahirun" Mutiara Hidayah Ilmu Maha Ghaib Allah swt... Dan yg Hanya Hiasan permata2 Ilmu hidayah yg Mengindikasikan Hubungan Inter-personal sesama makhluk..

Coba ditengok, ayat yg umum kita sebut Ayatul kursy, Mutiara Alquran atau Hanya durar-nya...

Semoga kita semua Diberi karunia ilmu dengan sama2 Kembali Membaca Alquran kitab petunjuk kita yg suci, terjaga, dan haram hukumnya diragukan bagi org2 yg beriman sebenar2nya Iman.

Membaca Alquran, dg petunjuk Dari Imam Al-Ghazali di atas, Menjadi sangat berbeda daya tariknya, dari cara membaca kita yg masih itu-itu saja.

Semoga dari Hasil usaha sungguh2 kita mencari karunia Ilmu yg terpendam di dasar Lautan Makna Teramat dalam dan Luas Dari Alquran, kita semua Dapat melihat, mendengar hal yg unik dan berbeda dari sebelum2nya, Bukan saja permata yg kita temukan, tapi Mutiara2nya yakni SIAPA, APA, BAGAIMANA DAN KENAPA TERASA TERSEMBUNYI DAN RAHASIA HAQIQAT DI BALIK ASMA LAFADZ JALALAH ALLAH SWT.

DEMIKIAN SEBAGAI PENGANTAR, KALAU DIPERKENANKAN OLEH SAHABAT2.KU SEKALIAN SY AKAN LANJUTKAN DENGAN MENCOBA MENGUPAS SEDIKIT SATU BUKU SEPUTAR ASMAUL HUSNA ((NAMA2 SEKALIGUS SIFAT TERMULIA, TERMAHA, TERAGUNG, YG ALLAH SWT SENDIRI DENGAN DZATNYA YG MAHA GHAIB/RAHASIA YG MEMPERKENANKAN DAN MEMPERKENALKAN DIRINYA SENDIRI))

TABE LANJUT DISKUSI SEPERLUNYA..
WALLAHU A'LAM, SEMOGA DIBERKATI ALLAH SWT KEHADIRAN KITA DI SINI, DATANG DENGAN KEKOSONGAN DARI KEPEMILIKAN ILMU ATAU APAPUN, SEMOGA ADA ISI DIBAWAH PULANG))AMIN YRA...

FASTABIQUL KHAERAT..

WASSALAM.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

We're living in same planet, so No body break the Ship. Okey???

Kenapa harus berebutan untuk Masuk ke Syurga?

The local holy books Namely LONTARA, still exist in here